Di luar dugaan, sumur hambali warga leuwigajah mengandung deterjen

 

Cimahi – TABLOIDCERDAS.COM – Secara umum hasil test laboratorium air sumur milik Hambali warga Jalan Kihapit Barat, RT 02/09, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi yang sempat mengeluarkan beberapa waktu yang lalu, tidak begitu mengkhawatirkan.

Sementara, sumber air panas yang dihasilkan sampai saat ini masih belum bisa di ketahui penyebabnya. “Tapi untuk yang lain-lainnya sudah ada datanya.” Ucap Mochamad Ronny Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi kepada media, di kantornya. Rabu (11/02).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kandungan sulfurnya masih dibawah baku mutu, jadi kalau panas itu akibat patahan urat panas bumi, seharusnya kandungan sulfurnya juga tinggi.

Tapi yang menjadi kekhawatiran sekarang justru bukan panas yang di hasilkan. Di luar dugaan air sumurnya mengandung deterjen yang kadarnya cukup tinggi. Ungkapnya.

Dan Tak hanya sumur milik Hambali, sumur tetangganya juga tercemar oleh limbah deterjen. “Kemungkinan, pencemaran itu bisa dari rembesan saluran limbah domestik, yang belum dilapisi semen, atau masih tanah,”

Bahkan bisa juga, dari septictank yang pembuatan tidak sesuai dengan spesifikasi. Sejauh ini, hanya ada dua sumur yang airnya tercemar, sambung Ronny.

Ia menghimbau, pemilik rumah agar tidak menggunakan dulu air sumur untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Seperti untuk, minum, memasak, ataupun mandi.

“Karena kalau di gunakan, bisa saja membahayakan manusia. Untuk mandi juga tidak sementara jangan dulu. Sebaiknya gunakan air dari sumber lain,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Ia akan berkoordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, untuk mencari penyebabnya.

“ESDM nanti akan meneliti lebih lanjut, terkait penyebabnya. Kalau memang ada hal lain, seperti pipa SPBE yang bocor, mestinya rumah yang lain juga airnya jadi panas, tapi ini tidak.” Pungkasnya.***

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Tatang/Agil

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply