Memakai uang Negara, masyarakat harus bisa menjaga

 

Cimahi – TABLOIDCERDAS.COM – Secara umum maksud di bangunnya Sanitasi Pemipaan Air Limbah Domestik Dan Terpadu (SPALD-t) di RW 04 Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi yang diresmikan pada hari, Minggu (09/02/20). Oleh Walikota Cimahi Ajay M Priatna yang di tandai dengan penandatanganan prasasti itu, untuk meningkatkan kwalitas permukiman warga.

Sebelum penadatanganan Ajay berpesan, pembangunan ini memakai uang Negara, masyarakat harus bisa menjaga dan merawatnya. “Jadi Kalau ada apa-apa, langsung hubungi pa Kadis.” Imbuhnya.

Sementara Muhamad Nur Kuswandana Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi mengatakan, ini justru merupakan program strategi Walikota untuk meningkatkan kwalitas permukiman . Salah satu kendalanya, yaitu sanitasi.

“Kami memandang, dengan penduduk Cimahi yang begitu besar, pembenahan sanitasi jadi sangat di perlukan.” Tandas Nur.

Pada tahun 2019, pihaknya sudah berhasil membangun sekitar 43 Septitank seperti ini, sumber anggarannya ada dari sanimas, Citarum Harum, DAK, dan Australia.

Lebih lanjut Nur menjelaskan tujuan pembangunan ini tiada lain untuk mendukung visi misinya Walikota, untuk menghasilkan SDM yang unggul. Untuk menunjang itu, hasil air limbah domestik yang di hasilkan harus berkwalitas. Jelas Nur.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Leuwigajah Muhamad Kurdi juga menuturkan, pelaksanaan pembangunan Program Sanimas IsDB ini, dimulai sejak 17 Oktober 2019, dan selasai dengan permintaan adendum pada 31 Januari 2020. “Tapi Alhamdulillah kini pembangunannya sudah selesai, dan pipanya sudah tersambung ke masyarakat.” Ucap Kurdi.

Ia menerangkan, anggaran yang di gelontorkan untuk tiga titik pembangunan Sanitasi Komunal ini 1,275 millar, untuk sekitar 150 SR. “Sekarang malah totalnya jadi 180 SR, karena di tengah pembangunan ada yang ingin menyambung.” Terang Kurdi.

Masih di tempat yang sama, Uus Supriadi Lurah Leuwigajah berserta para ketua RW mengucapkan terima kasih atas pembagunan yang sudah di laksanakan pemerintah Kota Cimahi, ia menghimbau masyarakat agar bisa menjaga fasilitas yang sudah diberikan pemerintah. Imbaunya.***

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Tatang/Agil

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply