‘Hari Kampung Nasional’ Untuk kembalikan prilaku Budaya dulu

Bandung – TABLOIDCERDAS.COM Pada kenyataanya, untuk bisa meningkatkan kesehjateraan masyarakat melalui pengelolaan aset desa agar berdaya saing, tidak semudah membalikan tangan. Di butuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sertai dukungan dari semua pihak.

Untuk itu, pengelolaan aset desa harus terstuktur dan terencana. Namun, dengan dukungan aplikasi berbasis digital, yang bisa langsung terkoneksi ke pemerintah pusat maupun daerah. Harusnya bisa menjadi modal dasar, menuju arah yang lebih baik.

Melihat peluang itu, Moch. Agus Ramdhan atau biasa di sapa Mang Agus, pada setiap kesempatan selalu mengajak dengan 7 Sapta Pesonanya untuk mengembangkan bidang pariwisata di setiap desa di seluruh Indonesia.

Mendengar tawaran yang menarik dari Mang Agus selaku penggiat wisata, Muhamad Munir Kepala Desa Parungseah Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi langsung merespon dan akan menindak lanjuti ajakan tersebut.

Saat di temui awak media di sela kegiatan Harmoni Mang Agus mengatakan, keinginannya untuk mengembalikan prilaku budaya melalui Hari Kampung Nusantara atau Nasional. Karena menurutnya, awal terbentuknya suatu negara, terlebih dahulu berdiri kampung atau desa yang menjadi satu kesatuan.

Lebih lanjut Mang Agus menjelaskan, Gotong royong yang sudah menjadi krisis sosial, bisa tumbuh dan hidup kembali melalui Kampung Nusantara atau Nasional.

Karena katanya, di situ akan ada pemberdayaan yang menuntut agar saling bergotong royong memajukan desanya masing-masing, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya. Ungkap Mang Agus. Di Gedung Graha Harmoni, jalan Budi Kota Bandung, Minggu (12/01/20).

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut dia, harus ada peran strategis dari masyarakat. Dengan menyelaraskan program-program desa yang sedang dan akan di laksanakan. Untuk itu, masyarakat yang nantinya akan menjadi tuan rumah harus mau menggali potensi yang ada di desanya. Tandas Mang Agus.***

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Reporter/Editor : Tatang/Agil

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply