Peran Ideologi Pancasila

 

 

Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Dasar negara merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggara negara.

Ideologi pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa indonesia. Peranan Pancasila di Era globalisasi khususnya dalam konteks sebagai dasar Negara dan ideologi nasional agar setiap Warga Negara Indonesia memiliki pemahaman yang sama dan akhirnya memiliki persepsi dan sikap yang sama terhadap kedudukan peranan dan fungsi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kuat derasnya arus globalisasi yang menggerus jati diri dan identitas Nasional, pancasila  tetap harus konsisten dan konsekuen dilaksanakan oleh para pemimpin dan masyarakat karena memiliki nilai-nilai luhur yang sangat sesuai dengan karakter bangsa yang tercermin dalam setiap sila dari pancasila dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Nilai-nilai pancasila perlu di ajarkan dan ditanamkan sejak dini agar nilai tersebut dapat diterpkan dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi itu sendiri merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata. Globalisasi menjadi peluang bagi bangsa indonesia untuk mampu menyerapnya. Globalisasi dapat membawa dampak positif dan negatif.

Perubahan sosial yang terjadi dipandang sebagai upaya bangsa untuk mengembangkan kepribadiannya sendiri melalui penyesuaian dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat modern dan memandang pergaulan dunia.

Pada akhir-akhir ini masyarakat khususnya generasi muda sudah tidak menghiraukan dan mengabaikan nilai-nilai pancasila. Banyak masyarakat yang tidak mementingkan nilai-nilai pancasila, sehingga norma dan moral bangsa ini mulai memudar.

Seperti, tawuran antar kelompok, pembunuhan, pemerkosaan, dsb. Kini bangsa Indonesia berada di antara pusaran arus globalisasi hdunia tetapi harus selalu ingat bahwa bangsa dan negara Indonesia tidak boleh kehilangan jati diri saat hidup di tengah-tengah pergaulan dunia.

____________________________________________

Artikel kiriman Leydita Setia Ningrum Mahasiswi Universitas Islam Malang

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply