PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI

 

PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Oleh :Dinda Ayu Larasati

Judul buku :PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Penulis Buku :
M. Taufik, S.H., Diyan Isnaeni, S.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.h., M.H., Dr. Suratman S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul  Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penerbit Buku : PENERBIT BASKARA MEDIA
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Cetakan Pertama : Juli, 2018
Ukuran buku : 15 x 23 cm
Jumlah Halaman : Xii + 382 Halaman
ISBN : 978-602-50306-7-3
Editor : Dinda Ayu Larasati

“Bak rumah tanpa pondasi”, Begitulah ungkapan yang tepat untuk negara yang tidak mempunyai landasan dasar. Pondasi merupakan pokok penting dalam pembangunan rumah. Dengan lemahnya pondasi,  maka rumah akan cepat hancur dan runtuh. Begitu juga dengan negara kita. Dengan tidak adanya pondasi yang kuat, maka negara ini tidak akan mampu berdiri kokoh dan lama. Karna semakin besar rumah, maka harus semakin besar pula kekuatan pondasi yang menyangganya, termasuk negara kita ini, yakni  Indonesia.

Pancasila merukakan dasar negara kita  yang sangat penting adanya, Karena Pancasila merupakan ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara kita. Pancasila berasal dari bahasa  Sanskerta, yang berarti sila sebagai dasar dan panca berarti lima. Jadi pancasila merupakan lima dasar rumusan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh sebab itu kita sebagai warga negara Indonesia wajib mengetahui dan mempelajari pancasila, mulai dari sejarah terciptanya hingga nilai – nilai  dan aspek yang terkandung didalamnya. Dalam buku ini, sangat cocok untuk kita sebagai mahasiswa cinta tanah air dalam  mendalami lebih lanjut tentang apa yang dinamakan Pancasila. Buku ini sangat lengkap dalam mengupas pancasila sebagai dasar negara Indonesia, mulai dari lintasan sejarah tentang tersusunya Pancasila, pengertian Pancasila, hingga dengan nilai dan aspek kehidupan yang terkandung didalamnya.

Dalam buku ini mengupas tuntas mulai dasar Pancasila terbentuk, buku ini juga  berisikan tentang lintas sejarah pancasila, dimulai dari jaman kerajaan hingga jaman reformasi kemerdekaan. Selain sejarah pancasila, dalam buku ini juga menjelaskan tentang pengertian Pancasila secara ditail, singkat, dan jelas. Jadi, memudahkan bagi para mahasiswa untuk mengetahui dan memahami arti Pancasila secara singkat dan padat, juga tentunya akurat. Karna bahasa yang digunakan sangat bisa dipahami oleh kalangan mahasiswa.

Selain itu buku ini juga menjelaskan tentang alasan kenapa Pancasila dijadikan sebagai pedoman dasar negara kita?, Mulai dari Pancasila Sebagai Ideologi negara hingga perbandingan tentang ideologi yang terkandung didalamnya. Dalam, buku ini terdapat XI bab yang menjelaskan tentang pendidikan pancasila. Mulai dari pancasila dalam lintas sejarah, pengertian pancasila dan perkembanganya, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai etika politik, kemudian hubungan agama dan pancasila, pancasila sebagai paradigam kehidupan dalam bermasyarakat, juga nilai yang pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta UUD RI, hingga sitem pemerintahan, dan yang terakhir pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sangat lengkap sekali bukan?.

Akan tetapi mungkin buku ini masih sulit digunakan untuk kalangan umum dibawah pendidikan perkuliahan, karna bahasa yang digunakan menggunakan banyak istilah yang mungkin hanya bisa dipahami oleh kalangan mahasiswa. Sehingga pagi pelajar ditingkat bawahnya akan sulit untuk memahai buku ini, padahal isinya bagus dan lengkap.

_____________________________________

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Artikel Kiriman : Dinda Ayu Larasati

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply