Pendidikan Pancasila Sebagai Penangkal Krisis Moral Dikalangan Pemuda

 

“Pendidikan Pancasila sebagai Penangkal Krisis Moral dikalangan Pemuda

 ” oleh:Nuris Shobah

 

Judul buku : PENDIDIKAN PANCASILA untuk PERGURUAN TINGGI

Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., dan tim

Penyunting : Hayat & H.Suratman

Penerbit : Baskara Media

Tahun terbit : 2018

Cetakan : Pertama

Jumlah halaman : xii + 382 halaman

ISBN : 978-602-503067-3

Peresensi : Nuris Shobah

Krisis moral dan identitas kita sebagai bangsa Indonesia semakin kuat tantangannya. Arus globalisasi memberikan dampak berupa terkikisnya nilai-nilai Pancasila. Dewasa ini, kesadaran generasi muda bangsa akan pentingnya pengamalan nilai Pancasila semakin rendah. Di kalangan mahasiswa, minimnya pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi cikal bakal merebaknya aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan radikal.

Oleh karena itu, Pancasila perlu diajarkan di pergururan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Sehubungan dengan hal tersebut, buku pendidikan Pancasila sangat dibutuhkan. Hal ini diperkuat dengan UU NO.12 TAHUN 2012 tentang pendidikan tinggi.

Buku pendidikan Pancasila ini didalamnya membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya peran dari para tokoh ulama, kedudukan dan fungsi pancasila, nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan agama dengan pancasila, serta sistem pemerintahan di Indonesia. Pembahasan tersebut terbagi dalam 11 BAB dan masing-masing BAB terdiri atas beberapa subbab.

Buku ini disusun dalam rangka memperkuat jati diri bangsa dalam menghadapi arus globalisasi dan MEA.

Kelebihan Buku : Cover berwarna cerah dan kertas yang digunakan berkualitas. Isi buku disajikan dengan penyampaian logis dan dipertegas dengan kutipan ayat Al-Quran dan kitab suci lainnya.  Antara BAB satu dengan BAB lain dalam buku ini disusun secara kronologis dan saling berkaitan.

Kelemahan Buku : pemilihan kata dalam buku ini masih sulit untuk dipahami pembaca. Ejaan beberapa kata masih banyak yang salah.

Dengan demikian, penyunting diharapkan segera melakukan perbaikan terhadap kelemahan buku.

_______________________________________________________

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Kiriman dari : Nuris Shobah dari Universitas Islam Malang

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply