Koramil 1309 Panawangan Bentuk Posko Bencana Alam

Ciamis (TABLOIDCERDAS.COM) Intensitas curah hujan yang tinggi disertai hempasan angin masih sering terjadi diwilayah Kecamatam Panawangan.Hal tersebut berakibat dibeberapa tempat terjadi tanah longsor dan pohon tumbang.

Seperti yang terjadi belum lam ini antara Bulan Januari sampai Februari 2019 di Desa Panawangan, Desa Kertayasa, Desa Kertajaya, Desa Indragiri, Desa Cinyasag,Desa Jagabaya. Berkat terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik, begitu ada informasi Terjadi bencana kita langsung bereaksi cepat turun kelokasi kejadian, terang Danramil 1309 Panawangan Kapten Arm. CM. Suharto.

“Selanjutnya Danramil menjelaskan tujuan dibentuknya posko bencana alam diKoramil 1309 Panawangan untuk memudahkan Koordinasi antara instansi dan institusi, juga lembaga atau badan terkait pada saat Penanggulangan terjadinya bencana alam. Untuk langkah antisipasi terjadinya bencana yang Berakibat mengancam jiwa,kita selalu memonitor perkembangan situasi yang terjadi di Lapangan dengan menerjunkan Babinsa. Selanjutnya kita dokumentasikan untuk bahan Evaluasi dan pelaporan.

Sesuai dengan data kejadian, Kapten. Arm.CM. Suharto menerangkan sampai saat ini dari beberapa kejadian bencana alam tidak berakibat jatuh korban jiwa. Himbauan untuk seluruh lapisan masyarakat agar bisa mengambil tindakan antisipasi terjadinya musibah, seperti Memperhatikan lancarnya saluran pembuangan air dan menebang pepohonan yang bisa menimpa pemukiman.

Sekedar panduan, bila ada kejadian bencana alam diwilayah Kecamatan Panawangan, agar segera melaporkannya ke petugas yang paling dekat seperti Perangkat Desa, yang selanjutnya Menindak lanjuti / meneruskan laporan kejadian ke Posko Bencana Alam diKoramil 1309 Panawangan.

Situasi geografis wilayah Ciamis bagian Utara khususnya Kecamatan Panawangan memang Perbukitan yang terjal, sehingga banyak sekali tebing-tebing curam yang rawan longsor.

________________________________

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Reporter/Editor : Dadan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply