Mengatasi Gugup Ketika Tampil Didepan Audiens

Oleh : Dadan (Wartawan Biro Ciamis)

Grogi atau gugup ketika tampil didepan umum biasa terjadi apabila jika baru pertama kali dilakukan. Grogi atau gugup merupakan ekspresi dari kecemasan (ketakutan). Rasa takut/cemas merupakan salah satu bentuk manifestasi naluri mempertahankan diri (gharizatul baqa).

Perasaan takut ini pasti ada dalam setiap diri manusia, karena merupakan bagian dari penciptaanNya dan secara fitri ada bersama keberadaan manusia. Perasaan takut atau cemas akan muncul kalau ada sesuatu yang mempengaruhi seseorang, bisa berupa fisik atau ilusi yang berkaitan dengan naluri tersebut. Misalnya muncul rasa cemas atau takut ketika bertemu dengan binatang buas, takut ketika akan ulangan, maju kedepan kelas, tampil di depan audiens, memimpin suatu rapat karena merasa tidak mampu dan sebagainya.

Bila rasa takut ini menimpa seseorang, akan timbul kekacauan dalam berpikir dan hilangnya kemampuan untuk memutuskan sesuatu, yang pada akhirnya menghilangkan konsentrasi dan kemampuan mengidentifikasikan sesuatu. Rasa takut yang paling berbahaya adalah rasa takut yang berasal dari suatu bayangan/ilusi atau sesuatu yang diada-adakan.

Misalnya ketakutan pada bayangan pohon diwaktu malam dalam kegelapan. Cara memecahkan rasa takut orang-orang seperti mereka ini adalah dengan mengajaknya berpikir secara mendalam dan merasionalkan apa yang ditakuti menjadi sesuatu yang realistis dan dapat diindera, bahwa bayangan pohon tak layak untuk ditakuti, sehingga rasa takut menjadi hilang.

Pada kondisi-kondisi tertentu, rasa takut itu berguna dan bermanfaat, sehingga memang harus ada dan diadakan. Rasa takut terhadap bahaya yang membahayakan adalah sesuatu yang bermanfaat dan harus ada. Rasa takut kepada Allah dan adzab-Nya adalah sesuatu yang penting dan harus ada, karena keduanya merupakan pengekang dan penjaga.

Oleh karena itu, rasa takut kepada Allah harus ditumbuhkan dalam jiwa disertai macam-macam adzab Allah yang akan ditimpakan pada orang yang berbuat maksiat. Dengan begitu manusia akan mengikuti agama-Nya, melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kegugupan dan kecemasan ketika tampil didepan audiens seharusnya tidak perlu terjadi. Semuanya itu bisa dihilangkan jika kita berusaha mempersiapkan diri sebelumnya dengan sungguh-sungguh.

Rasa kegugupan atau kecemasan ketika tampil didepan audiens tidak berkaitan dengan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan/kepintaran seseorang (IQ), tetapi lebih pada kurangnya kepercayaan diri. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan: – Pertama, Persiapkan meteri dengan sebaik-baiknya.

Kita harus betul-betul mampu menguasai materi yang akan disampaikan. Persiapan ini sangat penting dilakukan karena jika materi yang akan disampaikan tidak dikuasai dengan baik, maka audiens tidak akan tertarik. – Kedua, Pelajari materi yang akan disampaikan dengan teliti dan hati-hati. Persiapkan alat bantu jika memang diperlukan. – Ketiga, Datanglah ketempat acara lebih awal.

Waktu yang terlalu mepet atau bahkan terlambat akan membuat lebih gugup. – Keempat, Berdo’alah sebelum menyampaikan materi didepan audiens, agar lidah tidak kelu dan lancar dalam menyampaikan. Ada sebuah do’a yang bisa diamalkan: “Rabbishrahlii shadrii wa yassirlii amrii. Wahlul’uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii” Artinya: Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku. Lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. – Kelima, Kenali audiens yang akan hadir dalam acara.

Dengan mengenal terlebih dahulu siapa saja yang akan hadir kita dipastikan akan merasa lebih siap. – Keenam, Yakinlah bahwa kita menyampaikan sesuatu yang menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan baik menyampaikan contoh atau fakta yang sedang terjadi disesuaikan dengan keadaan audiens. – Ketujuh, Sering melakukan latihan.

Misalnya dengan melakukan latihan didepan cermin dan atau merekamnya. Hal ini akan membantu kita mengerti apa yang akan dilihat dan didengar audiens. Perhatikan bagian yang perlu diperbaiki. (dikutip dari berbagai sumber)

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Reporter/Editor : Dadan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply