Desa Talagasari Merintis Kawasan Ekowisata

Ciamis (tabloidcerdas.com) Definisi ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan berwisata ke tempat alami yang berwawasan lingkungan dengan aktivitas menyaksikan, mempelajari, mengagumi flora dan fauna, sosial budaya etnis setempat dan pada kegiatan pengelolaannya melibatkan penduduk lokal. Dalam perkembangannya ekowisata kini banyak digemari karena dikawasan tersebut bisa tercipta kegiatan industri pariwisata yang didalamnya ada unsur bisnis, pendidikan dan konservasi . Peranan masyarakat lokal sangat besar dalam upaya menjaga keutuhan alam. Peranan ini dilaksanakan mulai saat perencanaan, saat pelaksanaan pengembangan dan pengawasan dalam pemanfaatan. Ada perbedaan dengan destinasi wisata yang biasa kita kenal, ekowisata dalam penyelenggaraannya tidak menuntut tersedianya fasilitas akomodasi yang modern atau bangunan artifisial yang berlebihan, artinya bisa sederhana. Pengembangan ekowisata harus dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat sekitar, menghindari timbulnya gejolak sosial dan memelihara kenyamanan dan keamanan.

Yuyun selaku Kepala Desa Talagasari Kecamatan Kawali belum lama ini mengatakan bahwa Lokasi yang akan dikembangkan menjadi kawasan ekowisata berada disekitar Dusun Cigintung dan Dusun Bungbulang. Untuk manajemen pengelolaan Pemerintah Desa Talagasari bekerjasama dengan Bumdes, harapan kawasan ekowisata tersebut dapat segera terwujud yang berdampak pada kemajuan wilayah.

Ditempat tersebut pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam terbuka ditengah hamparan sawah dengan pemandangan yang lepas nan jauh. Untuk berkunjung ketempat tersebut akses jalan sudah bagus dan jaraknya tidak begitu jauh dari alun-alun Kecamatan Kawali dan situs Astana Gede Kawali. Ayooo…!!! kita ke Talagasari.

 

Team Redaksi www.tabloidcerdas.com
Reporter/Editor : Dadan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply