Senyum Bahagia Esih Warga Cireundeu Setelah Rumahnya Direhab Ajay CS

CIMAHI (tabloidcerdas.com)  Esih (50), warga Kampung Adat Cireundeu RT 05/10 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi mengaku bahagia.

Pasalnya, rumah miliknya yang sudah sekitar 10 tahun rusak kini akhirnya direhabilitasi melalui program Rumah Layak Tidak Huni (Rutilahu) dari Pemerintah Kota Cimahi.

Total ia mendapat bantuan mencapai Rp 16 juta. Rinciannya, Rp 10 juta untuk material dan Rp 6 juta untuk biaya jasa tukang yang akan diambil dari masyarakat sekitar. Dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018.

“Iya seneng dapat bantuan. Terima kasih buat pemerintah dan juga Pak Wali,” tutur Esih saat ditemui, Jum’at (27/4/2018).

Berdasarkan pantauan, beberapa bagian rumah milik Esih terlihat dibongkar. Para tukang bangunan pun nampak tengah memperbaiki beberapa sudut rumah tersebut.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna pun sempat meninjau rumah milik Esih.

Esih menuturkan, kerusakan rumahnya sudah berlangsung lama. Namun, ia dan ketiga anaknya terpaksa tinggal di rumah tersebut dikarenakan tidak memiliki biaya untuk memperbaikinya. Terlebih lagi setelah suaminya meninggal 10 tahun lalu.

Terlebih lagi, saat ini ketiga anaknya belum memiliki pekerjaan. Alhasil, penghasilannya pun hanya dicukup-cukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.

“Rusaknya udah lama, baru dapat bantuan sekarang,” katanya.

selain rumah milik Esih, ada sembilan rumah lainnya di Kampung Cireundeu yang mendapat bantuan rehabilitasi Rutilahi dari Pemerintah Kota Cimahi.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna menghadiri langsung peletakan batu pertama dilaksanakan di RW 10 Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jum’at (27/4/2018).

Selain itu, Ajay juga meninjau rumah-rumah lainnya yang mendapat bantuan rehabilitasi. Total ada sekitar 10 rumah di Kampung Adat Cireundeu yang mendapat bantuan program Rutilahu dari APBD Kota Cimahi tahun 2018.

Untuk keseluruhan, total ada 1.490 Rumah rumah di Kota Cimahi ditargetkan direhabilitasi dalam program Rutilahu sepanjang tahun 2018.

Rinciannya, 335 rumah bersumber dari APBD Kota Cimahi tahun 2018, 750 rumah berasal dari bantuan APBD Provinsi Jawa Barat serta 405 rumah bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

Nominal anggaran per rumah khusus dari APBD Kota Cimahi mencapai Rp 16 juta. Rinciannya, Rp 10 juta untuk material dan Rp 6 juta untuk biaya jasa tukang yang akan diambil dari masyarakat sekitar. Sedangkan yang berasal dari bantuan mencapai Rp 15 juta per Rutilahu.

“Ini untuk mewujudkan program yang dibutuhkan masyarakat,” kata Ajay, Jum’at (27/4/2018).

Ke depan, Ajay berharap taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kota Cimahi semakin meningkat. Salah satu caranya ialah dengan mengurangi rumah layak tidak huni menjadi layak huni.

“Semoga semakin sedikit warga yang mendapatkan Rutilahu dikarenakan taraf ekonominya meningkat,” ujarnya. (FB/humas/Krisna)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply