Rakor DESK Pilkada

Kab,Tasikmalaya (tabloidcerdas.com) Wakil Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP, selaku Pelaksana Tugas Bupati menghadiri kegiatan Rakor Desk Pilkada yang dilaksanakan di Gedung DPRD  Kabupaten Tasikmalaya, Hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Tim Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Ketua KPU Kabupatenn Tasikmalaya, Ketua Panwaslu, Kabupaten Tasikmalaya, Para Camat dan Ketua MUI Kecamatan, Para Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa serta para tamu undangan.

Wakil Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP mengatakan, memilih pemimpin wajib bagi kita berdasarkan hati nurani, tidak asal memilih, karena kita membutuhkan sosok pemimpin yang dapat memberikan perubahan serta dapat mensolusikan setiap permasalahan yang sedang dan akan dihadapi. Sarana dan fasilitas untuk memilih sosok pemimpin adalah melalui penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah atau Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Lebih lanjut Wakil Bupati Tasikmalaya mengungkapkan, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap suksesnya  penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah yaitu : Mutu Penyelenggaraan Pilkada, Partisipasi Pemilih, Peserta Pilkada, Fasilitas dari Pemerintah, Pengawasan dan Aparat Keamanan.

’’Pertama, Kualitas penyelenggaraan Pilkada, dalam hal ini Komisi Pemilihan umum (KPU) dituntut untuk dapat bekerja dengan netral dan profesional. Kedua, Pemilih. Salah satu indikator keberhasilan Pilkada yaitu timgginya partisifasi pemilih. Oleh karena itu pendidikan politik ke masyarakat mutlak diperlukan agar mereka cerdas dalam memilih  serta mau menggunakan hak pilihnya secara aktif. Ketiga, Peserta Pilkada. Dalam hal ini calon Kepala Daerah beserta partai pengusungnya  dituntut pula untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan pilkada, salah satunya dengan mensosislisasikan misi dan visi calon Kepala Daerah kepada masyarakat pemilih. Keempat,  Fasilitasi dari Pemerintah, dapat berupa adanya koordinasi lintas sector terkait untuk membangun suatu sinergitas dalam inventarisasi permasalahan dan pencarian solusi  terhadap permasalahan tersebut. Kelima, Unsur pengawasan, Panwaslu berperan untuk mengawasi penyelenggaraanPemilihan Umum  dari segala bentuk tindak pelanggaran, upaya preventif dapat dilakukan dengan melakukan sosialisasi keberbagai kalangan. Keenam, Aparat Keamanan, Penyelenggaraan Pilkada yang aman merupakan hal yang penting dan mutlak diperlukan.

Wakil Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP berharap, penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wkil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 khususnya di Kabupaten Tasikmalaya dapat berjalan aman, lancar, sukses tanpa ekses dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.(Yepi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply