Pengarahan Umum Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Kab, Tasikmalaya (tabloidcerdas.com) Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd., menghadiri  acara Pengarahan Umum Pencegahan Tindak Pidana Korupsi yang disampikan oleh Brigjen Polisi DR. Akhmad Wiyagus, M.Si, MM., selaku Dir. Tipikor. Bareskrim Polri yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, di Ruang Paripurna DPRD Kab. Tasikmalaya. Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Tasikmalaya, para Asisten Sekda Kab. Tasikmalaya, para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, para Camat se-Kab. Tasikmalaya, para Pimpinan BUMD, para Kepala Desa se-Kab. Tasikmalaya, tokoh agama, tokoh masyarakat serta unsur terkait lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengucapkan selamat datang kepada Brigjen Polisi DR. Akhmad Wiyagus, M.Si, MM., dengan harapan mudah-mudahan kedatangannya sebagai nara sumber acara Pengarahan Umum Pencegahan Tindak Pidana Korupsi kepada para aparatur penyelenggara pemerintah di Kabupaten Tasikmalaya” ujar Sekretaris Daerah dalam sambutannya. Menurutnya, upaya pencegahan tindak pidana korupsi harus menjadi komitmen bersama kita semua, komitmen para aparatur sipil Negara, komitmen para penyelenggara pemerintah daerah dan para stakeholder serta komitmen masyarakat sehingga dapat di antisipasi sedini mungkin.

Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd., juga menjelaskan dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Kabupaten Tasikmalaya, telah diterbitkan Keputusan Bupati Tasikmalaya nomor 700/Kep.304-INSPEKTORAT/2016 tentang Unit Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar (SABER PUNGLI) di Kabupaten Tasikmalaya, yang terdiri dari satuan tugas unit internal dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang melibatkan lintas koordinasi dengan instansi pemerintah yang lain.

“Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bekerja sama dengan instansi Pemerintah yang lain telah melakukan kerja sama guna mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya diantaranya; SABER PUNGLI yang pelaksanaannya di bawah koordinasi Polres Tasikmalaya telah melaksanakan sosialisasi pencegahan pungutan liar dan korupsi kepada para penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya; Kejaksaan Negeri Singaparna telah melaksanakan Sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi kepada seluruh Kepala Desa sebanyak 351 desa, khususnya mengenai pelaksanaan kegiatan pembangunan desa yang bersumber dari anggaran dana desa; Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan secara khusus sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi kepada seluruh sekretaris Satuan Perangkat Daerah, para Camat, para Kepala UPTD, para Kepala Desa, para Sekdes, Ketua BPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya”, terang Sekda.

Namun demikian, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd., menyadari meskipun berbagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi telah dilaksanakan, masih ada potensi-potensi penyimpangan yang di akibatkan keterbatasan SDM pelaksana Pembinaan dan pengawasan serta cakupan wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang cukup luas.(Yr)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply