Nurhasan : Pansus III DPRD Kota Cimahi Bahas Raperda Penyelenggaraan Transportasi Jemaah Haji

Cimahi (tabloidcerdas.com) Calon jemaah haji yang akan berangkat dari Kota Cimahi rencananya akan dibebaskan dari biaya transportasi, karena disiapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hal tersebut di sampaikan Nurhasan selaku Ketua Panitia Khusus (Pansus) III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi kepada awak media di ruang paripurna , Senin, 12/03/2018.

Diakuinya, pada saat ini Panitia Khusus (Pansus) III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi baru bahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan transportasi jemaah haji.

Perda tersebut sebagai implementasi dari Undang-undang (UU) nomor 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, pasal 35 disebutkan Ayat (1) transportasi jemaah haji menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

“Biaya yang biasanya dibebankan kepada jemaah akan hilang, sehingga akan mengurangi biaya anggaran jemaah yang ada di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), karena sudah ditanggung APBD,” ungkap Nurhasan.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Kemenag (Kementrian Agama), KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), dan Kesra (Kesejahteraan Rakyat) untuk membahas  Perda tentang fasilitasi transportasi jemaah haji.

“Semoga Perda tersebut bisa segera diberlakukan, sehingga bisa langsung diimplementasikan tahun ini. Kita ingin perda tentang fasilitasi transportasi jemaah haji bisa disahkan tahun ini, tadi sudah beres tinggal perbaikan-perbaikan,” tambahnya.

Isi perda tersebut diantaranya adalah,

1 . Trasportasi kendaraan dan snak.

  1. Selama ini kalau ada pertemuan menyewa gedung di Armed memerlukan biaya  satu kali peetemuan 12 juta, sedangkan sebelum berangkat bisa dua kali pertemuan, maka bisa menelan biaya 24 juta per keloter dan kurang lebih 520 kuota.
  2. Perda ini berlaku sejak di tandatangani oleh Gubernur, artinya kalau bulan – bulan ini segera di paripurnakan dan ketok palu maka calon jemaah haji untuk tahun 2018 sudah menikmati . Dan harapan teman – teman pansus semoga di tahun berikutnya seluruhnya bisa di biayai APBD. (01/Krisna)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply