Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah Di Ciamis

Ciamis (TabloidCerdas.Com)  – Penyerahan simbolis bagi 12 penerima dilakukan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di lapang Lokasana Ciamis, Selasa (16/1). Hadir dalam kesempatan itu Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien, Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum, Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata dan Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.

Kepada para penerima sertifikat tanah, Jokowi berpesan agar sertifikat itu disimpan atau dimanfaatkan sebaik-baiknya. Menurut dia, pemerintah sengaja menggenjot pembuatan sertifikat tanah. Hal ini bertujuan untuk menekan konflik atau sengketa atas kepemilikan tanah. “Ini untuk kepastian hukum, supaya kita semua tentram. Saya sering mendengar adanya sengketa tanah, antara rakyat dengan pemerintah, rakyat dengan pengusaha bahkan di dalam sebuah keluarga pun terjadi konflik akibat kepemilikan tanah ini. Dengan adanya sertifikat, masalah itu bisa diselesaikan, karena dengan sertifikat, kepemilikan atas tanah kita dilindungi hukum, “ kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga berpesan agar pemanfaatan sertifikat dengan cara diagunkan ke bank, dilakukan secara cermat. “Hitung dulu kemampuan kita, mampu tidak membayar cicilan pinjamannya. Kemudian gunakan uang pinjaman itu untuk sesuatu yang produktif, jangan konsumtif, “ kata Jokowi.

Dijelaskan pula pada tahun 2018 ini Jokowi menetapkan target penertiban sertifikat tanah sebanyak 7 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. Sementara tahun lalu sudah diterbitkan sebanyak 5 juta lembar dan target tahun 2019 sebanyak 9 juta. Sementara pada periode kepemimpinan sebelumnya, jumlah penerbitan sertifikat hanya sekitar 500 ribu lembar per tahun. “Untuk wilayah jawa Barat tahun ini targetnya 1,2 juta. Itu harus tercapai oleh Kanwil ATR/BPN, “ katanya.

Usai memberikan sambutan yang relatif singkat, seperti biasa Jokowi melakukan kuis berhadiah sepeda. Ada tiga orang yang beruntung, yakni Dadang warga Kabupaten Tasikmalaya yang dites membaca Pancasila, Ny. Nurhasanah warga Ciamis yang disuruh menyebut 7 nama ikan dan Eva warga Banjar yang disuruh menyanyi lagu Sunda.

Gelak tawa pecah saat Jokowi kebingungan dengan 3 nama ikan yang disebutkan oleh Nurhasanah. “Burayak, betok dan nilem itu seperti apa ? Benar ada ikan-ikan itu, “ katanya disambut riuh hadirin. Saat Eva bernyanyi Es Lilin tawa hadirin pun kembali pecah. Jokowi kembali berseloroh. “ini Syahrini kalah, Iis Dahlia juga kalah. Ini pasti penyanyi, “ katanya merujuk kepada lengkungan suara Eva yang memang cukup merdu.

Selanjutnya Presiden Jokowi pun meninggalkan acara setelah sebelumnya menyalami dan berfoto bersama warga yang sudah berderet menantikannya. Banyak warga yang kegirangan karena menganggap pengawalan Paspampres yang kali ini tampil berkostum kaos kerah warna biru sedikit longgar. “Alhamdulillah diperbolehkan foto bareng, sekarang tidak terlalu ketat, tidak seperti kunjungan tahun lalu, kata Jumali warga Kelurahan Ciamis.

Sebelum ke Kabupaten Ciamis, Presiden RI, Jokowi berkunjung ke Kota Tasikmalaya. Jokowi menyempatkan diri meninjau pelaksanaan pekerjaan infrastruktur padat karya di saluran Irigasi Kelurahan Kersanegara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Meskipun tidak sampai satu jam di lokasi, warga menyemut dan ingin melihat langsung dari dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimujono mengatakan, anggaran infrastruktur padat karya sebesar Rp. 11,28 triliun dengan porsi belanja upah Rp. 2,4 triliun. Salah satu yang dijalankan adalah Program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI). Di Jawa Barat, ada sekitar 721 program infrastruktur padat karya dengan serapan tenaga kerja mencapai 525.000 orang. “Presiden ingin menekankan program pengentasan kemiskinan, meminimalkan ketimpangan dan menaikkan daya beli masyarakat. Selain fokus infrastruktur, kita juga fokus meningkatkan daya saing di pedesaan. Itu sebabnya program padat karya yang dikerjakan secara swakelola kita galakkan, “ ujarnya. (mamay).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply