Peran Dokter Kecil Dalam Penyelenggaraan Sekolah Sehat

Ciamis (TabloidCerdas.Com) Sekolah sehat pada prinsifnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal (tidak sakit) baik secara jasmani maupun rohani. Hal ini ditandai dengan situasi sekolah yang bersih, indah, tertib dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejahteraan lahir dan bathin setiap warga sekolah.

Dengan begitu sekolah sehat memungkinkan setiap warganya dapat melakukan aktifitas yang bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna untuk sekolah tersebut dan lingkungan diluar sekolah. Menurut penjelasan kepala UPTD. Puskesmas DTP. Panawangan Mimin S. Daryanto, S.Kep., Ners., MM. 17/1/18  dari 14 hal yang harus dimiliki standar sekolah sehat, minimal sekolah tersebut memiliki: 1. Lingkungan sekolah bersih, indah, tertib, rindang dan memiliki penghijauan yang memadai. 2. Tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representatif. 3. Air bersih yang memadai dan memenuhi syarat kesehatan. 4. Memiliki ruang dan peralatan UKS yang ideal. 5. Memiliki toilet (WC). 6. Memiliki pola hidup bersih, higienis dan sehat.

Selanjutnya dr. hj. Sitty Mariam Agustina menjelaskan peran dokter kecil disekolah diantaranya sebagai kader penggerak yang membimbing teman-temannya melaksanakan kebersihan dan kesehatan pribadi, membantu petugas medis dan paramedis melaksanakan pelayanan kesehatan di sekolah, pengamatan kebersihan ruang UKS dan lingkungan sekolah, pencatatan dan pelaporan buku harian dokter kecil, melaporkan hal khusus yang ditemuinya kepada guru UKS dan kepala sekolah.

Dari 26 sekolah dasar diwilayah kerja puskesmas panawangan telah dibina sebanyak 52 kader dokter kecil yang merupakan pelajar kelas 3 dan 4. Kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan puskesmas panawangan terhadap kader dokter kecil diantaranya pembinaan dan pelatihan agar dokter kecil  dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya. memiliki kemampuan dasar dalam tindakan menolong  dirinya sendiri dan sesama teman.

Dalam hal ini petugas medis dan paramedis puskesmas panawangan siap melakukan pembinaan dalam tata kelola UKS dan dokter kecil untuk menunjang terselenggaranya sekolah sehat di wilayah Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Tentunya agar bisa terselenggara dengan baik dan optimal dibutuhkan kerjasama dan dukungan dalam berbagai bentuk utamanya anggaran pembiayaan dari UPTD. Pendidikan Kecamatan Panawangan. (Dadan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply