Sosialisasi Pemuda Tanggap Bencana

CIAMIS (TabloidCerdas.Com) Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis melalui bagian Kesra belum lama ini menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemuda tanggap bencana bertempat di Aula Kantor Kecamatan Panawangan. Kegiatan tersebut diantaranya dihadiri oleh utusan dari 18 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Panawangan. Nara sumber yang dihadirkan terdiri dari Dinsos, BPBD, Tagana.

Ade Deni selaku pemateri dari Tagana Kabupaten Ciamis mengatakan bahwa Koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat dan dikoordinasikan dalam satu komando.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemuda untuk meningkatkan peran dan eksistensinya dalam pembangunan masyarakat, khususnya dalam penanganan bencana. Melalui sosialisasi ini diharapkan pemuda bisa turut serta dan memberikan andil dalam penanganan bencana dan memberikan pertolongan kepada masyarakat.

Camat Panawangan Ono Rohana, SE., MM. mengucapkan terimakasih kepada Kabag Kesra Kabupaten Ciamis dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi pemuda tanggap bencana di Kecamatan Panawangan, diharapkan peserta setelah mengikuti kegiatan ini bisa berbagi pengetahuan kepada rekan-rekannya, selanjutnya berharap bisa diselenggarakan pelatihan yang lebih teknis.

Kabag kesra Kabupaten Ciamis Bambang Hermansyah, S.Sos., M.Si menjelaskan kegiatan ini merupakan perhatian Pemerintah Kabupaten Ciamis. Bagian kesra mempasilitasi kegiatan ini untuk sejauh mana  peran Pemerintah Daerah dalam rangka supaya pemuda ini bisa tanggap mengantisifasi bila terjadi bencana. Untuk kelanjutan kegiatan seperti ini akan memprioritaskan daerah yang dianggap rawan bencana dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. (Dadan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply